Tuesday, September 27, 2005

Sesi Suksesi

tidak banyak yang tahu bahwa hari senin tanggal 26 September yang lalu terjadi peristiwa yang cukup penting di kampus. pada hari itu keluar surat keputusan dari Pak De yang secara resmi menetapkan pengisian jabatan-jabatan struktural di kampus. reshuffle ternyata memang terjadi. cocok dengan sas-sus yang beredar beberapa hari belakangan ini.

salah satu posisi yang ganti komandan adalah manajer riset dan pengabdian masyarakat. Pak De sudah mengangkat Bos Ed sebagai komandan disana. berhubung komandan yang baru ini punya spesialisasi keahlian di bidang teknologi informasi, maka nama jabatannya pun berubah menjadi Manajer Riset, Pengabdian Masyarakat, dan Sistem Informasi.

aku sebenernya enggak ada urusan dengan suksesi para pejabat struktural kampus itu. tapi karena Bos Ed diangkat menjadi salah satu pejabatnya, aku jadi ada urusan. Bos Ed itu atasan ku langsung di kantor. kita udah satu kantor selama 5 tahun. 4 tahun pertama dia menjabat sebagai Ketua Harian. artinya dia orang yang seharusnya paling bertanggungjawab terhadap kepengurusan kantor day to day. kira-kira satu setengah tahun yang lalu, terjadi suksesi di kantor dan dia menjadi Ketua Umum.

perubahan jabatan tersebut diikuti dengan dihapuskannya jabatan ketua harian. dengan demikian praktis dia adalah orang nomor satu di kantor yang tidak hanya menjalankan fungsi simbolik seorang Ketua Umum, tetapi juga mengemban amanah komando operasional seorang Ketua Harian. secara teoritis, dia sebenernya lebih powerful.

sejak Pak De yang baru ini menjabat, beliau mengeluarkan larangan rangkap jabatan. jangankan pejabatnya, staf administrasi di jajaran kabinetnya pun tidak boleh menjadi pemgurus di lembaga kajian. dengan diangkatnya Bos Ed sebagai salah satu pejabat struktural, maka besar kemungkinan sebentar lagi akan ada sesi suksesi berikutnya. yaitu pergantian jabatan Ketua di kantor ku. pertanyaannya, siapakah dia yang akan menjadi ketua berikutnya?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home