Friday, September 16, 2005

Beasiswa

pagi tadi aku agak tertarik dengan pengumuman mengenai beasiswa penelitian di Korea. awalnya aku merasa bantuan finansialnya memadai, yaitu sebesar 5,500 USD. tapi setelah aku baca detailnya, wah aku jadi ngeri juga nih untuk apply. bayangin aja, menurut peraturannya, setalah kontrak ditandatangani peserta hanya mendapat 50% dari total budget (dari jumlah itupun masih dipotong lagi 5%, yang katanya akan dikembalikan jika final report diserahkan tepat waktu). setelah aku itung, jumlahnya sekitar 2612,5 USD. peserta akan mendapat 20% lagi dari total budget atau sekitar 1,100 USD setelah 3 minggu berada di Korea (itu pun dengan catatan, peserta telah menyerahkan laporan awal penelitian).

PADAHAL, tiket pesawat pulang pergi jakarta-seoul yang paling murah itu 2043,30 USD. itukan hampir separuh dari total financial support yang dikasih. padahal uang itu enggak cuma untuk tiket pesawat, tapi juga untuk uang kost, transportasi dalam kota, makan, cari data penelitian, dll. aku masih coba liat kemungkinan dapet source of funding lain. kalo dapet, mungkin aku mau apply. tapi kalo enggak dapet, ya aku enggak mau gambling.

sorenya aku kedatangan tamu. namanya mbak TJ. dia mau tau tentang hukum e-commerce. aku enggak bisa kasih dia kliping yang dia mau, tapi aku janji mau ngasih dia country report tentang perkembangan hukum e-commerce di INdonesia. menariknya, dia menawarkan untuk menyebarkan info-info di seputar beasiswa. mudah-mudahan saja semua lancar. jadi aku punya pilihan lebih banyak lagi untuk mengembangkan diri.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home