Tuesday, September 06, 2005

Memancing di Air Keruh

penipu memang tidak ada yang punya perasaan. bayangkan saja, bukannya membantu para korban badai katrina di amerika serikat, tetapi beberapa orang malah memanfaatkan bencana itu untuk memancing orang menyerahkan data-data keuangannya. tujuannya tidak lain untuk dikuras uangnya.

tindakan itu lazimnya dikenal sebagai phishing. si pelaku biasanya menyamar sebagai suatu institusi keuangan yang legitimate. mengirim e-mail atau memasang link di search engine agar si korban mau mengunjungi link yang dipasangnya. setelah si korban mengunjungi, maka pelaku akan mengambil data seperti password, pin, dan data lain yang dapat digunakan untuk masuk ke data keuangan si korban.

dalam situasi normal pun, phishing adalah tindakan yang tidak bermoral. tapi melakukan phishing dengan memanfaatkan momentum bencana alam dan menggunakan emosi orang sebagai jalan untuk mencapai tujuannya, tidak hanya tidak bermoral tetapi juga biadab. kedudukannya sama saja dengan para pemakan bantuan yang konon sangat banyak di Indonesia. mudah-mudahan polisi indonesia bisa mengantisipasi ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home