Wednesday, August 24, 2005

Aanwijsing

ini pengalaman pertama ku mengikuti aanwijsing atau rapat penjelasan. rapat ini diadakan dalam rangka tender suatu proyek pemerintah. pesertanya adalah instansi pemerintah yang akan bertindak sebagai pengguna barang/jasa, peserta tender, panitia tender, dan pengamat. sifat rapatnya terbuka untuk umum. rapat hari ini tampaknya cukup spesial, karena dihadiri oleh anggota dprd dki (entah dari fraksi apa) dan lsm.

proyek yang ditenderkan ini adalah proyek lanjutan. pada proyek yang pertama, pekerjaan dilakukan dengan sistem penunjukan langsung. peserta lelang pada proyek yang sekarang terbagai dua: sang incumbent atau kontraktor pemerintah pada proyek yang pertama dan sang challengers atau para peserta baru yang saling bersaing untuk dapat menjadi kontraktor pemerintah di proyek yang sekarang.

rapat diawali dengan penjelasan mengenai kelengkapan administratif yang harus dipenuhi peserta lelang dan jadwal proses penyelenggaraan lelang oleh pimpinan rapat. kemudian, seorang konsultan memaparkan konsep proyek secara umum. yaitu aspek2 teknis yang harus dipenuhi oleh peserta lelang untuk memenangkan proyek. selanjutnya ada komentar dari pihak pelaksana proyek pertama dan terakhir komentar dari seorang ahli hukum mengenai permasalahan hukum di seputar proyek. setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab.

mengingat si incumbent itu ikut lagi dalam tender ini, maka tampaknya hampir seluruh peserta tender berpikir bahwa tender ini 'ece-ece' alias hanya bohong-bohongan. mereka sepertinya sudah yakin bahwa si incumbent lah yang akan menang. karena itu mereka mencecar terus pihak pemerintah yang hadir dalam rapat tersebut. untung tidak ada yang lepas kontrol. karena kabarnya dalam aanwijsing paket pengadaan yang lain, pernah ada peserta tender yang sangat emosional, bahkan sampai menggebrak meja, sehingga kaca di atas meja pecah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home