Tuesday, January 24, 2006

Robohnya Tower TV7

3 orang meninggal dunia, 14 orang menderita luka, dan sedikitnya 9 rumah mengalami kerusakan akibat tertimpa tower TV 7 yang berlokasi di kelapa dua, kebon jeruk, jakarta barat. tower tersebut sebenarnya direncanakan berdiri setinggi 300 m. namun saat tower tersebut roboh, pembangunannya baru mencapai 104 meter.

konon kabarnya ada sedikitnya 36 warga desa di sekitar lokasi pembangunan tower yang dahulu sempat menolak pembangunan tower tersebut. bukti penolakan tersebut adalah adanya surat yang ditandatangani oleh ke-36 orang warga tersebut. tapi menurut pihak TV 7, mereka belum pernah menerima surat penolakan tersebut. bahkan mereka justru mengklaim sudah memperoleh surat persetujuan warga dan persetujuan aparat desa setempat untuk membangun tower. silang pendapat itu menunjukkan bahwa ada proses yang agak kurang beres dalam pembangunan tower tersebut.

dalam konteks yang lebih luas, kita perlu peka dengan persoalan ini. jika kita perhatikan, lama-kelamaan lingkungan hunian kita makin dipadati oleh pembangunan tower-tower yang menjulang tinggi. entah itu tower pemancar televisi, radio, BTS untuk telekomunikasi, sampai tower SUTET. selain itu, semakin banyak pula billboard, baliho, dan poster-poster berukuran raksasa yang dipasang mengangkangi rumah, jalan, dan fasilitas umum lain.

kemarin kita sudah lihat dampak dari robohnya 1 buah tower. bagaimana jika tower-tower yang lain juga roboh? bagaimana jika billboard, baliho, dan poster-poster raksasa yang lain juga roboh? saya saja ngeri membayangkannya. mungkin yang mati akan lebih banyak. mungkin jalan akan macet lagi berjam-jam. mungkin rumah yang rusak akan lebih banyak lagi.

karena itu tidak ada pilihan lain, pembangunan tower dan billboard raksasa harus diatur agar tidak boleh mengangkangi rumah atau jalan. jika itu tidak dimungkinkan, maka pihak pembangun harus menyiapkan disaster emergency/evacuation plan. jadi kalau ada apa-apa mereka sudah punya prosedur mengenai apa yang harus dilakukan. mudah-mudahan dengan cara seperti itu, kita bisa mencegah timbulnya korban yang lebih besar akibat adanya tower dan billboard raksasa.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home