Friday, January 20, 2006

Kenaikan Tarif Dasar Listrik

dua menteri di kabinet indonesia bersatu baru-baru ini saling berbeda pendapat mengenai kenaikan tarif dasar listrik. pak paskah suzetta, kepala bappenas, menyebutkan bahwa TDL industri mungkin akan naik sampai 100%. sedangkan pak purnomo yusgiantoro, menteri esdm, menyangkal info dari pak paskah. dia mengatakan bahwa besaran kenaikan itu belum diputuskan dan masih dalam tahap pengkajian.

namun demikian, terlepas dari berapa besaran kenaikannya, hampir dapat dipastikan kenaikan itu akan terjadi. pak purnomo sendiri mengindikasikan itu. menurutnya, Pemerintah mengasumsikan PLN memerlukan subsidi Rp 38 triliun. dari jumlah tersebut, pemerintah hanya memberikan Rp 17 triliun. "sisanya Rp 21 triliun ini yang masih akan dikaji lagi dan belum pasti berapa yang akan dibebankan ke pelanggan."

berapapun besarnya, kenaikan TDL sepertinya akan tetap menyakitkan bagi masyarakat. chain of reactionnya biasanya akan seperti ini. TDL naik - biaya produksi naik - harga naik atau harga tetap kualitas turun. industri dalam negeri yang notabene kalah modal dengan asing pelan-pelan akan tergusur. jika kondisi ini dibiarkan terus, suatu hari nanti mungkin asing lah yang akan menjadi raja di rumah kita. cuma ada satu kata: LAWAN!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home