Wednesday, January 25, 2006

Longsor (Lagi) di Jember

pada awal tahun 2006 ini hampir setiap hari kita disuguhi oleh berita memilukan mengenai bencana alam yang terjadi di seluruh pelosok negeri. banjir bandang di jember, longsor di banjarnegara, banjir di probolinggo, riau, lombok, dan hari ini jember kembali dilanda longsor.

saya malah khawatir, jangan-jangan saking seringnya bencana, lama-lama kita malah menganggapnya biasa. lalu kita jadi lupa untuk peduli. lalu kita menganggapnya sebagai tradisi; yang bukannya dihilangkan, tetapi justru dilestarikan.

seharusnya pemerintah lebih serius menangani persoalan ini. buruknya pencegahan bencana dan penanganan pasca bencana adalah suatu masalah sosial yang senantiasa berulang. perlu berapa banyak lagi orang yang mati untuk menyadarkan pemerintah akan arti penting dari penanganan bencana ini? perlu berapa banyak banjir dan longsor lagi? perlu apa lagi?

menurut saya presiden harus memaksa menteri-menteri terkait dalam hal ini untuk membuat disaster prevention plan, disaster emergency/evacuation plan, dan post-disaster/recovery and reconstruction plan. pecat saja menteri-menteri itu kalau tidak becus menjalankan tugasnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home