Monday, April 12, 2004

Kemanusiaan Tak Sebatas Kata

...disini kita semua keluarga

beberapa hari terakhir ini kosa kata saya banyak bertambah. pediatric, MRI, catscan, chiropractic, dan yang baru saja saya dengar hari ini: biopsi. menurut seorang dokter, biopsi itu adalah kegiatan meneliti jaringan tubuh yang dicurigai menjadi sumber penyakit. tujuannya adalah untuk memastikan penyakit apa yang sedang menyerang dan seberapa parah kondisinya.

semua kosa kata itu saya dapat dari seorang kawan. dia yang berangkat bersama saya dari Jakarta ke Madison. sore tadi dia dibiopsi. dokter mengambil sedikit cairan dari paru-parunya. karena di area itulah yang dicurigai menjadi sumber penyakitnya.

sewaktu di rumah sakit saya bertemu dengan 2 orang wanita yang banyak membantu kawan saya itu. namanya mbak Genti dan mbak Yuli. mbak Genti ini yang secara aktif membantu proses penanganan medis kawan saya. mulai dari mempertemukan kawan saya dengan dokter yang ahli, mengurusi dokumen-dokumen rumah sakit, sampai menjadi penterjemah. mbak Genti ini dokter juga, makanya dia sangat membantu dalam memperjelas istilah atau prosedur medis yang rumit. kalau mbak Yuli saya baru denger namanya hari ini. tetapi, walaupun baru kenal, dia berusaha sekali membesarkan hati kawan saya.

sebenarnya kawan-kawan saya yang lain juga besar peranannya, akan tetapi mbak Genti punya arti lebih. karena sebagai orang yang baru saja kenal, dukungan dan bantuannya sebegitu besar seolah-olah dia sedang mengurus keluarganya sendiri. may god always bless her and may you get well soon my friend.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home