Sunday, April 11, 2004

Strike!!!

hari ini students yang bergabung atau yang mendukung TAA (Teaching Assistant Association) mogok kuliah. aksinya enggak terpusat di satu titik, tapi tersebar di semua kampus. udah gitu mereka bikin jadwal piket. tugas piketnya sederhana, yaitu cuma bawa poster muter-muter dan teriakin yel-yel nya TAA. jadi mereka yang cuma bisa dateng pagi, mereka ambil piket pagi; dan seterusnya. ide piket ini bagus banget, karena itu membuat aksi mogok bisa berlangsung dari pagi sampe sore. selain itu, walaupun dalam satu area, yang ikut aksi paling banyak cuma 15 orang; dengan lokasi yang tersebar seperti itu membuat suasana strike terasa di seluruh kampus.

ada 2 hal yang sedikitnya diajukan oleh TAA. pertama, kenaikan honor. untuk menjustifikasi permintaannya, mereka ngebandingin kecilnya honor mereka dengan honor yang diberikan oleh universitas lain, misalnya dengan Michigan University. kedua, fasilitas healthcare. kalo yang ini saya agak kurang paham alasannya.

posisi TAA dalam sistem manajemen kampus sangat menarik. TAA ini bertindak sebagai wakil para asisten dosen (asdos) dalam proses negosiasi dengan pihak manajemen kampus (rektorat dan dekanat). tugas utamanya adalah memperjuangkan segala hal yang dapat meningkatkan kesejahteraan para asdos dan menjadi kekuatan oposisi terhadap segala kebijakan kampus yang dianggap dapat merugikan para asdos. saya kurang paham apakah setiap asdos wajib bergabung dengan TAA atau tidak. bagi mereka yang bergabung sepertinya ada semacam iuran keanggotaan. kabarnya sejak TAA ini terbentuk, para asdos disini sekarang punya bargaining position yang lebih baik ketika berhadapan dengan penguasa kampus. semoga saja pemogokan hari ini bisa membantu mereka menggolkan aspirasinya.

Viva Union!!!

catatan lain:
awas!!! otoritarianisme mulai muncul di jagat blog. simak berita Yahoo! ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home