Saturday, March 20, 2004

American Warhead

warheads of america

Sabtu 20 maret 2004 pemerintahan Bush 'merayakan' ulang tahun pertama penyerangan Irak. Dalam berita yang dimuat oleh Yahoo! disebutkan bahwa di Amerika sendiri, tepatnya di Manhattan New York, 'perayaan' itu ditantang dengan adanya demonstrasi yang diikuti oleh sedikitnya 30.000 orang. Walaupun jumlah itu dikatakan lebih kecil daripada jumlah yang berdemonstrasi sebelum penyerangan dilakukan, gua pikir itu bukan berarti bahwa penduduk Amerika sekarang cenderung merestui Bush. menurut gua, jumlah itu berkurang karena mereka udah menganggap bahwa Bush itu keras kepala, sehingga mau demonstrasi sebesar apapun akan percuma.

karakter politik luar negeri kabinetnya Bush menurut James Mann dalam buku terbarunya: the rise of the vulcans: the history of Bush's war cabinet dapat dilihat dari peran 6 orang pejabat paling berpengaruh dalam kabinet Bush. mereka adalah: Dick Cheney (wapres), Donald Rumsfeld (menhan), Colin Powell (mendagri), Paul Wolfowitz (wamenhan dan mantan duta besar di Indonesia), Richard Armitage (wamendagri), dan Condoleeza Rice (penasehat keamanan nasional). kesamaan dari seluruh orang ini ialah bahwa mereka semua pernah memegang jabatan dalam kabinet republikan di masa Reagan (1981-1989) dan Bush senior (1989-1993). sedangkan kesamaan dari kabinet Reagan dan Bush senior dalam melaksanakan politik luar negerinya adalah: supremasi militer. jika pada masa Reagan musuh utama itu adalah: Uni Sovyet, maka pada masa Bush senior musuh utama itu adalah: Irak.

karena think-tank yang ada di sekeliling Bush junior sekarang adalah orang2 yang berotak perang, maka tidak heran setelah mereka berkuasa, politik militeristik Amerika kembali agresif. dengan pola kepemimpinan seperti ini, dapat dikatakan bahwa jika republikan yang berkuasa maka Amerika pasti akan cari musuh buat digempur secara militer. saat ini musuh itu adalah terorisme, entah apalagi yang akan datang.

we need a healthy air

0 Comments:

Post a Comment

<< Home