Friday, December 15, 2006

Kata Siapa Indonesia Negeri Maritim?


kemarin aku hadir dalam acara konsinyering kebijakan kelautan Indonesia. aku enggak ikut sampai habis, soalnya acaranya membosankan sekali. udah gitu mereka kan nge-draft inpres nih ceritanya. tapi banyak banget salahnya. aku jadi malu banget, karena di awal-awal acara, pimpinan tim perumusnya bilang bahwa kerjaan itu digarap bersama dosen dari UI dan UNPAD.

anyway, gara-gara ikut acara itu, aku jadi iseng liat-liat CIA Fact Book. terus aku bikin perbandingan beberapa aspek kelautan Indonesia dan Singapura. liat aja sendiri deh data-datanya. masih layak gak sih kita mengklaim sebagai negeri maritim? tapi kalo solusinya adalah kebijakan yang dikonsinyeringkan itu, aku juga enggak yakin kita bisa maju.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home