Thursday, August 24, 2006

Mari Belajar Dari Rusia

koran KOMPAS hari ini, kamis 24 Agustus 2006, memuat artikel tentang keberhasilan Rusia dalam melunasi utang luar negerinya ke negara2 anggota Paris Club. reaksi spontan ku setelah membaca itu adalah mengucapkan kata ini: DAHSYAT!!!

bayangkan saja, Rusia pada tahun 1998 mengalamai kebangkrutan. mereka tidak sanggup membayar sama sekali utang luar negeri mereka. saat itu jumlah utang mereka mencapai 70 Milyar Dollar AS. tapi 8 tahun kemudian, utang itu sebagian besar sudah terbayar lunas. bahkan mereka memilih opsi membayar penalti sebesar 1 Milyar Dollar AS kepada negara2 kreditur, karena membayar utang lebih cepat dari jadwal. sekali lagi: DAHSYAT!!!

pertanyaannya, bagaimana cara mereka bisa sampai kesana? ternyata penerimaan migas lah yang menjadi sumber pemasukan terbesar di rusia. tapi untuk mewujudkan itu, ternyata pemerintah Rusia perlu mengambil langkah2 revolusioner. salah satunya adalah menasionalisasi perusahaan minyak milik swasta yang dianggap korup. resep ekstrem yang diambil oleh Putin itu ternyata jitu.

kondisi ini berbeda sekali dengan Indonesia. kenaikan harga minyak justru bukannya disambut gembira, tetapi malah ditakutkan dan ujung2nya dibebankan pada rakyat dengan menaikan harga jual BBM. kebijakan yang aneh!

1 Comments:

At 4:25 PM, Blogger Rumah Beasiswa said...

Nice blog.. salam kenal dari Rumahbeasiswa.Com Pusat informasi beasiswa , lowongan kerja, beasiswa S1, S2, S3... semoga bermanfaat

 

Post a Comment

<< Home